Beranda > Keheningan > SANG DIRI

SANG DIRI

Untuk mengatakan sesuatu kita tak mesti menyontek dari buku-buku. Karena segala sesuatunya sudah ada dihadapan maupun didalam diri kita. Semesta kehidupan ini adalah buku tebal dan lebar yang tak’an pernah habis untuk diungkap. Sidarta Gautama, Krishnamurti, Kristus, Zen, Shangkara, Vivekananda, siapapun yang lainnya hanya menuangkan kata-kata dari buku semesta alam ini. Jadi, apakah yang dikatakan oleh Kristus, Krishnamurti, Zen dan yang lainnya itu, asli atau hanya sontekan? Hal ini sama sekali tak penting untuk dipikiran apalagi diperdebatkan.

Apabila kita berpegang pada suatu tapsiran bahwa buku itu adalah palsu dan buku ini adalah asli….? Apakah artinya ini? Coba kita cermati! Bukahkah disini ada dualitas, ada kepentingan dan konflik, ujung-ujungnya debat kusir. Tidak jarang terjadi gontok-gontokan adu pendapat dimanapun termasuk dimilis-milis. Selama kita berpegang pada sesuatu; apakah itu buku, pendapat, tapsiran, kita tak’an dapat mengukap realita. Karena disini ada kepentingan siEgo untuk menjadi.

Pandanglah kedalam diri dan sekeliling, kebanyakan orang selalu berusaha untuk melakukan sesuatu agar dapat menjadi sesuatu atau menjadi seseorang. Dan didalam keinginan untuk ‘menjadi’ ini, kita mau tak mau akan menciptakan banyak masalah dan kesulitan bagi diri kita sendiri. Karena tepat pada saat kita ingin ‘menjadi’ siEgo pun bercokol. Hal ini tak pernah kita sadari. Ketika seseorang menentang pendapat kita, kita pun merasa terganggu, karena konsep maupun gagasan itu buatan yang dibentuk oleh apa yang disebut sang Diri (siEgo)

Dapatkah kita melepaskan segala sesuatu itu, dan membiarkannya datang dan pergi? Apabila kita benar-benar memahami realita yaitu perubahan yang terus menerus, maka kita akan berhenti melekati apapun termasuk ide-ide, konsep-konsep, atau pandangan egoistis kita. Hanya dengan melepaskan semua jeratan pikiran ini, barulah ada kebebasan. Dan kitapun akan melihat bahwa kondisi alamiah diri kita adalah kekosong tanpa inti, yang selama ini tertutup oleh segala konsep, pendapat, ide-ide yang bersumber dari pikiran siEgo.

Kategori:Keheningan
  1. 10 Juli 2013 pukul 10:21 pm

    Your means of explaining the whole thing in this paragraph is truly fastidious, all be able to without difficulty
    know it, Thanks a lot.

    • 12 Juli 2013 pukul 1:16 pm

      I hope so. Thank you for your appreciation.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: