Beranda > Keheningan > ECSTACY

ECSTACY

Bagaimana, seandainya semua orang seperti Anda Wan? Bila semua orang tidak memiliki kepercayaan, agama, tuhan, dewa, tak ada tradisi, tak ada pesta, dan tak ada semua kemeriahan ini? Tidakkah dunia ini akan sepi bagai dunia mati? Tanya seorang teman kepada siPHT (Praktisi HealingTouch). “Barangkali; namun dunia ini akan penuh dengan ekstase”, jawab siPHT.

Seperti kalian ketahui siPHT adalah orang yang dicap sebagai seorang KAFIR yang melebihi KOMUNIS. Namun dia melalui hari-harinya tanpa kecemasan, tanpa kesedihan, tanpa harapan, tanpa kebimbangan; dia menatap dunia ini, hidup ini bagai sebuah muksizat, dimana dirinya selalu diliputi ekstase, rasa ringan yang murni, seolah-olah dia minum sebutir kapsul ekstasi.

Tahun 1980an ketika pulang dari tempat kerja…. dia menemukan hatinya bersenandung riang, dirinya terasa ringan. Sejenak dia bingung; apakah ini? Kenapa ada rasa riang yang aneh seperti ini? Yaitu rasa riang-gembira tanpa sebab, tanpa alasan, tahu-tahu ITU ada disitu, memenuhi dirinya. Rasa suka-cita apakah ini? Vibrasi ini memenuhi dirinya, seluruh ruangan, membuatnya melambung, dan dia tak mampu untuk menolak atau menghindarinya. Setelah beberapa menit frekwensinya mulai menurun, namun tak segera menghilang. Sampai keesokan harinya, ketika sampai ditempat kerja, teman-temannya menatapnya penuh tanda tanya. “Hee Wan, kamu kenapa?” “Kok kamu kelihatan aneh sih”, tegur seorang temannya. Dia hanya mengangkat kedua bahunya. “Wah, aku tadi berangkat nggak ngaca, apa wajahku berubah”, bisik hatinya.

Pernahkah Anda mengalami ekstase tanpa mengkonsumsi sebutirpun kapsul ekstasi? Hal ini bisa terjadi bila batin Anda dalam keadaaan bebas. Dan batin Anda hanya bisa bebas apabila dia tak diganduli oleh permasalahan apapun. Apabila dia tidak menjerat dirinya dalam kenikmatan, dalam pengejaran, dalam kecemasan, dalam harapan, dalam segala tetek-bengek dari keinginan-keinginan hatinya yang rakus. Apabila dia tidak berpegang dan terperangkap pada segala bentuk kepercayaan, doktrin, dan bentuk-bentuk pelindungan lainnya. Maka itu dia betul-betul sendirian dan bebas.

Secara umum orang tak pernah sendirian dinama batinnya dalam kondisi sunyi sendiri. Batin manusia selalu sibuk dengan segala urusan, dengan segala masalah yang dia ciptakan bagi dirinya. Sehingga dengan demikian dia tak pernah sampai pada keheningan. Cobalah, sekali waktu Anda pergi, tinggalkan semua urusan Anda, tinggalkan semua kebiasaan-kebiasaan Anda, rutinitas Anda. Barangkali juga Anda harus mengurangi porsi makan Anda; …. amati! Anda akan melihat pikiran dan tubuh Anda gelisah; ini disebabkan oleh karena kebiasaannya yang selalu sibuk. Amati terus, tanpa komentar, Anda akan dapat melihatnya semakin jelas, Anda mungkin terasa tersiksa oleh keadaan ini, amati juga perasaan gelisah maupun perasaan tersiksa Anda itu. Bila Anda beruntung maka bisa terjadi pengertian dari kemurnian diri Anda tersentuh dan meledak, dan disana ada ekstase. Pengertian dari kemurnian diri ini adalah inteligensi, adalah energi murni yang menghancurnya semua jaringan dari kebodohan sangDiri, yang selalu ingin berkubang dan terjerat dalam kesenangan-kesenangan dirinya yang kerdil.

Kesendirian inilah yang sangat ditakuti oleh kebanyakan dari kita. Untuk sendirian, bukan berarti Anda harus pergi ke-gunung, ke-hutan, ke-goa, mengasingkan diri; namun kesendirian disini adalah dimana batin Anda betul-betul sendirian tanpa selembarpun pikiran yang menggerecoki. Batin yang sendirian seperti itu adalah batin yang dewasa. Dia mampu melihat segala-sesuatu apa adanya selengkapnya, seutuhnya, tanpa bias, tanpa ilusi. Batin yang secara total sendirian, dapat melihat dan memahami segala permasalah hidup, melihat dirinya hanya dalam selayang padang, dan menyelesaikannya, sehingga tak ada apapun yang tersisa. Maka disini akan ada kematian yang terus-menerus; kematian dari segala masalah; kematian dari kenangan masa-lalu; dan kematian ini adalah hidup dalam EKSTASE, hidup religius didalam berkah!

Kategori:Keheningan
  1. 29 April 2014 pukul 6:08 am

    Wonderful blog! I found it while browsing on Yahoo News. Do you have any tips on how to get listed in Yahoo News?
    I’ve been trying for a while but I never seem to get there!
    Many thanks

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: