Beranda > Keheningan > MULYAKAH MANUSIA…?

MULYAKAH MANUSIA…?

Diantara semua mahluk…., bahwa katanya manusialah mahluk yang paling utama, paling mulya; sungguhkah hal ini…?

Pernyataan “manusia adalah mahluk yang paling utama atau paling mulya” ini dibuat oleh manusia sendiri; pikiran manusialah yang menyebut dirinya demikian. Apa maknanya ini….? Barangkali hal ini tak pernah kita sadari sehingga kita tak pernah mempertanyakan. Tidakah kita sedang membanggakan diri…?

Pikiran (si-ego) secara otomatis dan terus menerus ingin eksis, maka itu dia (si-ego) meng-identifikasikan dirinya dengan hal-hal yang lebih luhur, mulya; dengan demikian dia atau siapa-pun tidak ber-hak merendahkan atau menyalahkan dirinya dalam setiap tindakan dalam hidupnya. Sehingga manusia merasa seolah-olah memiliki hak untuk bertindak apa-pun terhadap mahluk yang lainnya. Perasaan superior ini telah dibuktikan oleh tindakan manusia dengan melakukan banyak penghancuran seperti pencemaran limbah industry, illegal-loging dan lain-lain. Tindakan ini merusak ekosistem dan otomatis merusak kehidupan mahluk yang lainnya; dan tanpa sadar juga menghancurkan kehidupan manusia itu sendiri. Ini adalah tindakan yang bersifat fatal; dan belum lagi kelakuan buruk diantara manusia sebagai individu maupun kelompok; saling jegal, saling membenci, bermusuhan, bunuh-membunuh, berperang…, what for?

Dengan melihat fakta, kehancuran dari akibat akhlak manusia yang buruk ini…., pantaskah kita manusia menyebut diri sebagai mahluk yang mulya…?

Kategori:Keheningan
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: